Rabu, 14 September 2011

Beberapa Hal Penting Dalam Merencanakan Liburan



Ada baiknya anda melakukan perencanaan sebelum mengadakan liburan. Hal inilah yang seringkali terabaikan orang ketika akan melakukan perjalanan untuk berlibur. Dengan melakukan perencanaan, kita dapat mengetahui sejumlah hal yang perlu kita siapkan sebelum pergi ke tempat tertentu.
Namun, seringkali banyak orang bingung hal-hal apa saja yang perlu diketahui sebelum pergi. Berikut beberapa hal penting yang wajib anda ketahui sebelum berangkat liburan.
1. Pelajarilah sebanyak mungkin informasi tentang tempat yang akan dikunjungi. Dengan memiliki informasi yang cukup akan membantu kita merencanakan kegiatan apa saja yang akan kita lakukan di tempat tujuan. Informasi seperti tempat-tempat wisata, hotel dan penginapan, bandara, jadwal pesawat terbang, informasi even wisata situasi keamanan dan sosial politik serta hal lainnya sangat membantu anda menetapkan prioritas tujuan berlibur anda.
2. Pastikan anda mengetahu cuaca dan iklim di tempat yang akan dikunjungi. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan rencana perjalanan yang sesuai, misalnya menyangkut baju dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan, termasuk obat-obatan yang bakal kita perlukan.
3. Saat anda melakukan perjalanan yang membutuhkan paspor, Cek dan pastikan kelengkapan dokumen paspor anda beserta dokumen lain (visa, kartu identitas dll) yang sekiranya bakal diperlukan. Beberapa negara tidak mengizinkan orang asing masuk jika masa berlaku paspornya tinggal enam bulan. Segera urus dokumen paspor Anda setidaknya enam bulan sebelum masa berlakunya habis.
4. Jika Anda ingin melakukan perjalanan sendiri atau tidak bergabung dalam rombongan agen wisata tertentu, carilah informasi mengenai biaya transportasi lokal setempat. Dengan begitu Anda dapat merencanakan biaya perjalanan dengan baik. Jangan lupa juga untuk memastikan informasi tentang budaya, adat, kebiasaan dan semacamnya di tempat itu. Hal seperti ini kelihatan sepele, namun anda dapat merasakan manfaatnya setelah anda menjalaninya.
5. Pastikan anda mengetahui secara pasti nilai kurs mata uang dari negara yang akan dikunjungi. Ini adalah poin yang sangat vital, terutama buat anda yang bepergian ke luar negeri.
6. Buatlah rencana perjalanan anda menyesuaikan situasi dan informasi yang anda dapatkan. Usahakan anda mengetahu waktu-waktu hari libur, hari besar dan jadwal wisata di tempat tujuan anda. Jadi saat anda hendak berurusan dengan kantor pelayanan pemerintah setempat anda tidak terburu-buru ataupun terdesak. Biasanya pada saat hari libur / hari besar, beberapa kantor pelayanan seperti Bank, Kantor Pos, Keimigrasian tidak buka atau tutup lebih cepat. Jadi, mengetahui lebih awal tidak akan membuat anda kelimpungan bila ada keperluan terhadap hal tersebut.
7. Pelajari bahasa daerah tujuan anda, setidaknya belilah kamus bahasa kecil sebagai panduan awal anda dalam berkomunikasi. Hmm, tentu saja tidak mudah menggunakan bahasa asing yang kita tidak bisa dalam waktu yang singkat. Bersikap ramah dan sopan akan sangat menunjang anda dalam bersosialisasi selama liburan anda. Gunakan bahasa yang umum dikenal masyarakat luas, minimal mengerti sedikit bahasa inggris (bahasa internasional).
8. Jagalah kesehatan anda sedini mungkin, persiapkan fisik tubuh anda jauh hari sebelum melakukan perjalanan. Ada baiknya melakukan check up kesehatan ke dokter pribadi anda. Sehingga anda dapat secara dini mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan dalam liburan anda.
Setidaknya anda benar-benar siap terhadap rencana liburan anda, sehingga akan menambah nilai kepuasan akan perjalanan yang akan anda tempuh. Perencanaan yang matang akan membuat anda senantiasa siap menghadapi sesuatu yang bakal terjadi pada saat perjalanan.
Semoga perjalanan yang menyenangkan akan bersama anda, selamat berlibur .

sumber: http://www.dukonbesar.com/2010/04/beberapa-hal-penting-dalam-merencanakan-liburan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar