Minggu, 11 September 2011

Tips Mengatasi Masalah Tidur


  • Hindari konsumsi kafein atau nikotin Bekerja di malam hari membuat Anda kerapkali terserang kantuk. Tak apa bila ingin menikmati kopi namun jangan menjelang pulang kantor atau mendekati waktu istirahat. Hindari konsumsi kafein atau nikotin beberapa jam sebelum waktu tidur. Amannya, hindari kafein lepas tengah malam. Karena Anda harus istirahat pada pagi menjelang siang hari.
  • Ciptakan suasana tidur yang tenangPersiapkan suasana yang nyaman dan tenang saat akan tidur. Anda akan lebih terbantu untuk tidur dengan ruangan tanpa cahaya dan hening. Matikan lampu atau gunakan penutup mata untuk tidur jika tak nyaman jika lampu mati. Nonaktifkan ponsel, dan komunikasikan kepada keluarga atau teman untuk tidak mengganggu waktu tidur Anda.
  • Sempatkan tidur siang Waktu tidur yang berubah di pagi menjelang siang lebih pendek dibandingkan malam hari. Sempatkan tidur siang 30 menit sebelum berangkat kerja. Cara ini bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan performa kerja Anda.
  • Disiplin dengan rutinitas baruAgar tubuh lebih mudah beradaptasi dengan kebiasaan baru, Anda perlu disiplin menjalani rutinitas baru ini. Usahakan agar waktu tidur Anda konsisten setiap hari, termasuk weekend. Lama-kelamaan tubuh akan terbiasa dengan rutinitas baru Anda.
  • Asup makanan bernutrisiJangan asal makan meski Anda tergoda untuk melahap apa saja untuk memuaskan hasrat, dengan alasan agar tetap terjaga saat bekerja. Atur pola makan Anda, dan pastikan asupan makanan tetap sehat agar tubuh tetap fit.
  • Konsultasi dengan dokterJika semua cara ini tak berhasil, dan Anda masih mengalami kesulitan tidur, segera temui dokter spesialis masalah tidur. Obat dengan resep dokter bisa jadi menjadi solusi pendukungnya. Karena mungkin Anda mengalami masalah sulit tidur yang serius.
sumber: http://www.inspirasisehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar